Traveling

4 Tempat Wisata Instagramable MURAH di Jogja!

Kota yang satu ini memang selalu berhasil membuat gagal move on, berjuta cerita dan banyak cinta. Yaap! Tepat sekali, Daerah Istimewa Yogyakarta jawabannya. Kota yang akrab kita sebut dengan kota Jogja ini, selain sarat akan budaya, kota ini juga memiliki banyak destinasi yang dapat memanjakan lidah para pecinta kuliner, ditambah lagi banyaknya lokasi wisata yang selalu bertambah tiap tahunnya, membuat kota ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama aku menyambangi kota Jogja untuk menghabiskan cuti akhir tahunku, tapi kali ini menjadi lebih istimewa karena aku tidak sendirian, ada dua Anastasia yang mengancaniku untuk mengeksplorasi bagian Selatan dari kota ini.

Titik berkumpul dan memulai perjalanan ini adalah dari kost sepupuku di Sewon, Bantul. Sayangnya, hari itu dia tidak dapat bergabung karena masih ada tugas perkuliahan yang harus diselesaikan dalam waktu dekat. Akhirnya, kami berlima berangkat! Lho, kok berlima? Kami menyewa satu photographer untuk mengabadikan foto-foto kami, namanya Anis, niat banget yhaaa? Hihihi. Ditambah satu lagi, suami dari salah satu temanku, yang juga sangat berperan penting sebagai driver hebat tanpa tarif! Hahaha.

Kurang lebih 30-40 menit perjalanan, kami tiba di gerbang area Parangtritis. Di gerbang tersebut kami harus membayar biaya masuk Rp 10.000,-/orang, lumayan terjangkau ya!

Nah, destinasi apa saja yang berhasil kami abadikan di komplek Parangtritis ini? Yuk langsung saja, ikuti perjalanan kami dibawah ini:

1. KEBUN BUNGA MATAHARIBunga favoritku sepanjang masa banget, bunga matahari! Kelihatan ya dari ekspresi wajahku yang super sumringah! Kebun bunga matahari ini sebenarnya tidak luas, tapi tetap cantik karena dibentuk dengan sedemikian rupa oleh para pengelolanya. Letak kebun bunga matahari ini bersebelahan dengan Gumuk Pasir Parangkusumo. Mungkin kalau kalian akan berkunjung ke tempat ini, bisa agak sore-an sedikit supaya tidak terlalu panas, kami kesiangan waktu itu, jadi matahari sedang terang-terangnya menampakkan diri. Meski kepanasan, semangat kami untuk berswafoto tetap tak terkalahkan dan sinar matahari membuat foto kami terang tanpa perlu pencahayaan berlebih dari kamera.Masuk ke area kebun bunga matahari ini, kami hanya perlu merogoh kocek Rp 5.000,-/orang dan biaya parkir mobil Rp 10.000.-. Masih terjangkau bukan?

2. GUMUK PASIR PARANGKUSUMOKeluar dari area kebun bunga matahari, dengan mudah kami memasuki wilayah Gumuk Pasir Parangkusumo. Tidak perlu jauh-jauh ke gurun Sahara, ternyata Jogja juga punya! Ada beberapa spot ayunan di tempat ini, kami pilih salah satu untuk berswafoto, bagus juga hasilnya!Ada juga salah satu kaktus yang lumayan sering kulihat bersliweran di feeds instagram para travelers, lumayan juga effort menahan panas terik matahari untuk berfoto disebelah kaktus ini pada waktu siang bolong begini, karena posisi kaktus benar-benar ditengah gurun pasir gengs!Karena masih di satu area dengan kebun bunga matahari, jadi tidak perlu pindah parkiran mobil, maka tidak ada biaya tambahan lagi untuk masuk ke Gumuk Pasir Parangkusumo ini gengs! Hemat banget kan?

3. SEPANJANG JALAN CEMORO SEWUMari kita lanjut maju sedikit dari area Gumuk Pasir Parangkusumo, sesuai dengan namanya, di sepanjang kiri dan kanan jalan di lokasi ini dihiasi oleh pohon cemara yang tidak terhitung jumlahnya, mungkin seribu sesuai namanya (dalam bahasa jawa “Sewu artinya Seribu”). Di lokasi ini, sering dijadikan latar oleh para pasangan untuk mengabadikan foto bersama, apalagi untuk prewedding! Ditambah tidak ada biaya sewa lokasi, jadi bisa berhenti parkir sebentar dan mengambil beberapa jepretan. Tapi, jangan lupa lihat depan dan belakang ya gengs karena ini jalanan, jadi pasti ada saja kendaraan yang berlalu-lalang, harus tetap waspada meskipun sedang asik berswafoto bersama!Nahkan, bagus banget buat foto ala-ala prewed! Bakalan bikin followers instagram kamu iri seketika, hehe! Siapa sangka, hanya di tengah jalan bisa se-instagram-able gini gengs!

4. LANDASAN PACU DEPOKLokasi terakhir yang kami kunjungi adalah Landasan Pacu Depok. Landasan dengan panjang kira-kira 500 meter ini sudah jarang digunakan, malah jadi tempat nongkrong para kawula muda Jogja untuk melihat sunset yang konon katanya bagus banget disini. Lokasi ini juga merupakan spot favorit untuk prewed juga lho! Memang jika dilihat sepintas, lokasi ini biasa saja, tapi siapa sangka bila dijadikan latar berswafoto bisa jadi instagramable banget lho gengs!Biaya masuk ke Landasan Pacu Depok juga sangat murah karena hanya perlu membayar biaya masuk mobil saja sebesar Rp 10.000,-/mobil dan Rp 5.000,-/motor. Terjangkau banget kan?

Oh iya, kami sebenarnya makan siang seafood di pinggir pantai Depok dan murah banget dengan porsi yang gak pelit! Aku lupa pastinya, yang jelas kami pilih lebih dari 5 menu beserta minumannya ditambah 2 ekor ikan bakar dan gak habis dimakan berlima sampai harus bungkus bawa pulang, pokoknya gak sampai Rp 300.000,-! Rasanya juga lumayan enak lho! Tips dari aku, gak usah ikutin kalau ada yang nawarin beli ikannya dulu di pasar di dekat pantai, abaikan saja dan langsung ke warungnya saja ya, takutnya kan calo ya gengs, soalnya pas kami turun dari mobil langsung pada nyamperin gitu! Untung kami semua kompak langsung jalan teratur menuju warung.

Jadi gimana nih gengs, sudah ada gambaran kan untuk berkunjung ke Selatan Jogja? Selain banyak spot yang instagramable, kocek yang dikeluarkan juga sangat minimalis, cocok banget buat kantong para backpacker! Ke tempat wisata, gak perlu yang mahal untuk mendapat foto yang ciamik!

NB: Aku kalau ke Jogja selalu pakai Anis untuk jadi photographer, kalian bisa pakai jasa dia juga buat foto-foto di Jogja, bisa hubungin dia di @anakgadih.trip atau @anakgadih.photo dengan harga yang murah banget mulai dari Rp 200.000,- saja foto kalian sudah pasti bagus karena FREE editing juga! Asik banget kan?

Sampai jumpa di perjalanan Nanas selanjutnya, kalau ada yang belum jelas dan masih ingin kamu tanyakan, boleh banget tinggalin pertanyaan kamu di kolom komentar atau hubungin aku langsung melalui instagram @historia.nas, have a nice day gengs! πŸƒ

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *